Cerita Seorang Sahabat : Mungkin Tuhan Punya Jalan

    Pagi-pagi sepulang dari kedai kopi akhirnya ada bahan untuk ditulis, temen gue yang sering banget curhat akhirnya dia datang dan curhat soal nasibnya lagi. Mungkin terlalu setia jadi pendengar yang baik sampe akhirnya selalu dijadiin tempat curhat meskipun belum tentu gue punya jalan keluar buat dia. Kedai kopi yang jadi saksi tentang segala curhatan temen gue yang lagi dan lagi gagal untuk dapetin seorang cewe yang dia rasa udah pas banget untuk dia.
     Beberapa bulan lalu temen gue datang dan cerita kalau dia lagi pdkt sama cewe tapi sinkat cerita pdkt waktu itu gagal karena cewenya gak punya rasa yang sama dan temen gue udah salah kira soal rasa itu. Sekarang dia datang dengan curhatan yang baru, tentang pdkt sama cewe yang dia kenal sekilas disalah satu event yang diadain sama temen-temen komunitasnya desember tahun lalu, awalnya dulu semua biasa aja karena emang gak begitu kenal dan emang baru ketemu sekali. Gak lama dari situ temen gue ini tau kalau ternyata dia udah punya cowo, dan temen gue gak ambil pusing waktu itu. Hampir setahun temen gue ini sendiri, tapi sebenernya dia gak pernah ngerasa sendiri soalnya masih dikelilingin sama temen-temen yang emang katanya "ada diseluruh penjuru mata angin", emang gue akuin kalau temen gue yang satu ini punya temen yang lumayan banyak dan bukan cuma dari kalangan tertentu doang tapi nyaris dari semua kalangan. Singkat cerita temen gue ini "iseng" untuk ngebecandain cewe itu di bbm, path, instagram dan lain-lain, tapi isengnya temen gue ini lumayan aneh, dia mancing-mancing soal status cewe itu, apa masih sama cowona yang dulu atau ternyata udah sendiri.
      Temen gue dengan tingkat becanda yang tinggi terus coba untuk mancing cewe itu dan akhirnya dia ngaku kalau ternyata dia lagi sendiri. Entah gimana perasaan temen gue waktu tahu kalau cewe itu lagi sendiri alias lagi gak punya pacar, tapi temen gue selalu sadar kalau dia banyak kekurangan sampe akhirnya dia gak terlalu "press" cewe itu dengan alesan kalau temen gue takut  mengulangi
kegagalan pdkt yang sebelumnya. Mulai becanda via bbm, akhirnya ada satu hari kesempatan untuk kedua kalinya ketemu langsung dengan cewe itu, tanpa berharap lebih dengan semua kemungkinan, tapi dia udah berani untuk ngajak cewe itu jalan dan ketemuan meskipun waktunya gak banyak dan
cuma ngobrol-ngobrol biasa. Rasa minder yang temen gue alamin udah nyaris sampe puncaknya, karena dia tau kalau cewe yang diajak jalan ini bukan cewe main-main, cewe yang aktif dikomunitasnya otomatis dia pasti punya kenalan yang banyak terutama temen-temen cowo. Akhirnya mereka jalan dan selama itu mereka juga terus ngobrol, terutama temen gue yang emang punya daya humor tinggi mulai ngeluarin jokes biar suasana gak terlalu tegang dan cuma pengen lihat cewe itu senyum bahkan ketawa, jokes yang dia buat ternyata berhasil, bukan cuma ngebuat dia senyum tapi ngebuat dia ketawa sepanjang obrolan sampe gak kerasa kalau mereka udah nyampe dideket rumah si cewe itu. 
     Gue tau betul sifat temen gue ini, meskipun dia punya banyak temen dan cukup lumayan banyak temen cewe, tapi dia gak segampang itu suka sama cewe, dia selalu bilang kalau "jangan pernah main-main sama hati dan perasaan, bisa-bisa nanti gak ada perasaan malah bikin sakit hati", terlalu melankolis emang untuk tipikal cowo yang keliatan dari tampang lumayan serem dan ngakunya suka banget musik rock. Entah apa yang jadi alesan temen gue yang akhirnya dia bisa mendadak ada rasa sama cewe itu, dengan secepat itu mungkin baru rasa biasa yang muncul tanpa adanya harapan lebih. Sempat sekilas terpikir kalau gak akan ada kesempatan lagi untuk ketemu dia, sampe akhirnya dia harus pergi keluar kota untuk bertemu keluarga dan demi kesembuhannya. Tanpa diduga ada hari dimana cewe itu balik lagi dan kemungkinan ada kesempatan untuk ketemu dia lagi, meskipun ada kesempatan tapi temen gue mulai berpikir panjang, karena ternyata dan gue baru tahu kalau temen gue itu selalu gagal setelah ketemuan untuk kedua kalinya, bercermin dari kegagalan sebelumnya tapi temen gue tetep kekeuh untuk bisa ketemu meski sebentar dan gak tau apa yang harus dia lakuin nanti. Dia coba untuk gak mikirin kegagalan yang sebelumnya dan akhirnya memutuskan untuk ketemu, meski sebentar dan pada akhirnya cewe itu harus kembali keluar kota demi kesembuhannya.
      Setelah pertemuan kedua itu, temen gue mulai ngerasa kalau ada yang berubah, entah dari sikap atau dari keadaan yang jadi beda. Dia mulai ngerasa kalau komunikasi gak sebaik hari-hari sebelumnya, dia sadar kalau cewe yang coba dia dekatin itu sibuk dengan aktifitasnya dan temen gue yang emang baru ketemu dua kali dan "bukan siapa-siapanya" itu gak punya hak untuk ngelarang segala aktifitas yang mau dilakuin sama cewe itu. Setelah komunikasi yang mungkin gak sebanyak hari-hari sebelumnya, temen gue terlambat untuk sadar kalau mungkin selain dia, ada cowo lain yang udah lebih dulu pdkt sama cewe itu tapi temen gue masih terus coba untuk sering komunikasi meskipun temen gue mulai ngerasa ada yang beda dari komunikasi-komunikasi sebelumnya. Dia mulai sadar tentang kegagalan pdkt yang sebelumnya bahwa mitos dari "ketemuan yang kedua" mungkin bakal jadi ketemuan yang terakhir. Dan sampe akhirnya kita ketemuan di kedai kopi malam ini, dia baru sadar mungkin emang bener kalau ternyata bukan cuma dia yang lagi coba untuk pdkt atau emang ada cowo lain yang lebih dulu pdkt dan lebih banyak ngasih rasa nyaman, perhatian yang lebih dan bahkan keseriusan dalam hubungan. "Cowo cuma bisa berjuang, tapi cewe menentukan perjuangan itu berhasil atau enggak" kalimat dengan nada pesimis itu mulai keluar dari mulut temen gue yang kayanya udah mulai cape cerita di malam itu. Entah kenapa temen gue bisa berpikiran kalau perjuangannya udah selesai dengan kembali mendapatkan kegagalan, tapi yang jelas di pdkt yang sebelumnya dia gagal gara-gara cewe yang lagi di pdkt-in itu ternyata lebih milih oranglain dan kesimulan gue mungkin cewe yang sekarangpun udah memilih cowo lain. Cerita malam itu diakhiri dengan kalimat "gue emang gak ngerasa sendirian, tapi gue sadar kalau gue sering banget ngerasa kesepian, mungkin tuhan punya jalan", kalimat yang cukup melankolis yang bisa keluar dari cowo setipe temen gue itu dan ngebuat gue banyak berpikir untuk menaruh perasaan dan harapan ke orang lain, kalimat terakhir sebelum akhirnya gue bisa nulis cerita seorang sahabat.

No comments :

Post a Comment